Bangun Pabrik di Indonesia, Bajaj kok Enggan Gunakan Komponen Lokal..????

Senang rasanya saat mendengar kabar bahwa Bajaj akan membangun pabriknya di Indonesia. Tapi dibalik kegembiraan itu terselip tanda tanya, mengapa produsen sepeda motor asal India tersebut enggan menggunakan komponen lokal.

Menurut argumen Tomotaka Ishikawa, Presiden Director BAI (Bajaj Auto Indonesia), keengganan itu dikarenakan ongkos produksi lebih murah dan secara kuantitas sangat besar (maksudnya..?). Bukankah dng menggunakan komponen lokal, bila pabrik sudah beroperasi di Indonesia (rencana 2013.menurut Ishikawa), bisa lebih menekan harga jual semua produk Bajaj, karena tak harus bayar pajak bea masuk..???? Dan soal ongkos produksi, menurut penulis biaya produksi di Indonesia justru bisa ditekan lebih efisien, karena bisa mendapatkan berbagai insentif investasi dari pemerintah, apalagi upah pekerja di Indonesia kan terbilang murah.?
Tapi dari semua itu, tetap saja Bajaj mungkin punya hitung-hitungan dan strategi bisnis tersendiri. Namun yang pasti perlu diperhatikan adalah menampung semua keluhan konsumen tentang kekurangan Bajaj, apalagi di sisi pelayanan 3S. Jangan sampai gara-gara 'titik koma' yang menyebabkan kelangkaan sparepart malah jadi blunder bagi prestasi penjualan Bajaj selama ini.

Mengingat semakin pesatnya angka penjualan produk Bajaj di Indonesia, sudah sepantasnya pabrikan yg masih betah menggelontorkan produk motor batangan tersebut meniru pabrikan merk negeri sakura. Tidak hanya bangun pabrik perakitan, tapi juga bangun imej dan tanamkan kedekatan ke konsumen Indonesia (termasuk menggunakan komponen dan tenaga anak negeri...lohh..).!

 

Komentar

  1. pengen memajukan india saja tugh....

    http://motoisme.wordpress.com/2011/08/27/fp2-moto-gp-indianapolis-stoner-ungguli-spies/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A TALE OF LEGENDARY LIBIDO (Komedi 18+)

HEARTY PAWS 2