Kamera Seharga $9000 Ketemu Berkat Bantuan GadgetTrak

Kamera dan lensa Heller yang berhasil ditemukan berkat GadgetTrak

Anda pernah kehilangan kamera..? Pengalaman fotografer asal Amerika Serikat (AS) ini bisa jadi acuan bagi pecinta foto yang kehilangan kamera.

Kehilangan kamera dan lensa pendukungnya saat melakukan sesi foto di Hollywood  tidak serta merta membuat John Heller memasrahkan nasibnya kepada kinerja polisi menemukan kembali gadget yang menjadi andalan utama dalam mengabadikan objek foto pilihannya.
Setelah berselancar di dunia maya, akhirnya Heller menemukan fitur GadgetTrak. Heller, sang fotografer Getty Images pun memutuskan melakukan perburuan kamera seharga $9000 nya menggunakan fitur tersebut.


Nah bagaimana si Heller sang fotografer profesional memanfaatkan fitur GadgetTrak tersebut..?
Cukup simpel, Heller melacak keberadaan kameranya menggunakan software GadgetTrak dengan mengetikkan kode serial unik yang tercantum di kameranya di situs pencari foto Flickr.com. Selanjutnya, muncullah seluruh foto yang pernah dijepret kamera yang sesuai dengan kode serial kamera milik Heller.
Foto-foto yang diposting di internet biasanya selalu mengikutsertakan EXIF data, termasuk data kamera si Heller. Nah.. berdasarkan data kamera itulah si Heller dengan bantuan polisi LAPD berhasil menemukan kameranya sekaligus sang pencuri. Begitulah kisah sang fotografer Heller yang kehilangan kamera mahalnya.

Lalu apa itu GadgetTrak..? Maaf bukan mau mengajari...tapi hanya sekedar mengingatkan.! Bagi yg sudah paham GadgetTrak mohon direvisi ya..!
GadgetTrak adalah produsen aplikasi dan software spesialis pelacak barang-barang curian dengan memanfaatkan alat pencari jejak GPS. Selain itu, GadgetTrak juga memiliki alat pencari nomor serial kamera baru, yang bisa ‘mengacak-acak’ dunia maya guna mempelajari foto yang dijepret menggunakan kamera digital berefleksi tunggal atau lazim disebut kamera DSLRs.  

Selain mengungkap kode serial di EXIFdata setiap kamera DSLRs, software GadgetTrak juga bisa menemukan sekaligus menampilkan data kamera lainnya, termasuk setingan pemotretan seperti shutter speed (kecepatan sensor menangkap gambar) dan aperture (bukaan lensa). Walau tidak semua produsen kamera digital DSLRs melekatkan kode serial ke dalam EXIFdata kameranya, namun banyak kamera digital bisa mengadopsi fitur GadgetTrak. 

Sekilas Mengenai EXIF Data.
EXIF adalah singkatan dari Exchangeable Image File alias File Gambar yang Bisa Diganti. Menurut http://exifdata.com/: istilah itu adalah satu format yang menjadi standarisasi bagi penyimpanan pertukaran informasi dalam dokumentasi atau file fotografi digital menggunakan kompresi JPEG. Hampir semua kamera digital baru menggunakan EXIF sebagai catatan penyimpanan informasi dalam gambar, contohnya seperti shutter speed, exposure compensation, F number. Sejumlah EXIF bahkan juga dimungkinkan menyimpan informasi GPS untuk melacak di mana satu foto dijepret.

Segitu dulu ya soal GadgetTrak.! Selanjutnya silahkan dikomentari..! Monggo..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A TALE OF LEGENDARY LIBIDO (Komedi 18+)

HEARTY PAWS 2