WUJUD "ADIK" AVANZA-XENIA BOCOR, BEGINI TAMPILANNYA...!!



PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah lama dikabarkan akan kembali melahirkan produk kolaborasi seperti Avanza-Xenia. Modelnya diposisikan sebagai “adik” dari duet raja low MPV Avanza-Xenia yang dikembangkan dengan nama kode “D30D”.

Salah satu informasi utama mobil ini sudah bisa terkonfirmasi langsung dari emblem yang digunakan. "Adik Avanza" ini menggunakan identitas sama dengan mobil murah, Agya. Menunjukkan kalau produk ini juga berstatus mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC).
Wajah depan model yang kemungkinan dinamakan Calya itu kelihatan. Dari foto depan terlihat lambang Garuda seperti di Agya. Emblem itu merupakan salah satu penanda mobil ini merupakan produk yang ditujukan untuk program pemerintah low cost green car (LCGC).
Desain depan dirancang punya kesan mirip dengan model generasi baru Toyota lainnya, sebut saja Yaris, Vios, Avanza, Camry, Fortuner, bahkan yang terbaru, Sienta. Desain seperti ini dinamakan “Keen Look”, mobil pertama yang memakainya adalah Auris.


Ciri khasnya juga ada di Calya, yaitu pada bagian bemper yang terbuka lebar. Ruang itu digunakan sebagai jalur masuk udara ke mesin, sedangkan gril kesannya jadi pemanis. Jalur masuk udara yang besar dan diapit bemper membuatnya jadi kelihatan ambigu antara marah, serius, atau malah sedih.
Sementara dari samping, ada perpaduan desain Avanza dan Xenia. Bentuk pelek juga berbeda dengan model konsep. Versi produksi massal ini menggunakan palang delapan, sedangkan konsep palang enam.
Informasinya, adik duet maut Avanza-Xenia bakal dibekali mesin 3NR-FE, berkapasitas 1.2 liter, sama seperti yang ada pada Etios Valco. Bedanya, mesin ini nantinya sudah berteknologi Dual VVT-i, demi mengompensasi tenaga lebih besar menyesuaikan ukuran bodi yang berkonfigurasi 7 penumpang.


Salah satu varian andalan dipastikan menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Model ini sepertinya memang menyasar pada target konsumen utama di luar pasar tradisional, seperti Pulau Jawa dan Bali. Namun, dengan besarnya penjualan nanti, bukan menutup kemungkinan Toyota akan mengembangkan transmisi otomatis untuk mesin ini.
Jika foto bocoran ini, adalah milik Toyota, lantas apa perbedaan utama dengan milik Daihatsu nanti?
Seperti biasa, kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu adalah pemilihan segmentasi konsumen. Perbedaan kedua model juga hanya sebatas tampilan luar dan beberapa sentuhan kecil pada interior. (DK)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A TALE OF LEGENDARY LIBIDO (Komedi 18+)

HEARTY PAWS 2